KISI
KISI LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD
No
|
Indikator
|
No Instrumen
|
Responden
|
1
|
Visual
Activities
|
1,
2, 3, 4, 5
|
Peserta Didik
|
2
|
Oral
Activities
|
6,
7, 8, 9, 10
|
|
3
|
Listening
Activities
|
11,
12
|
|
4
|
Writing
Activities
|
13,
14, 15, 16, 17, 18
|
|
5
|
Drawing
Activities
|
19,
20, 21
|
|
6
|
Motor
Activities
|
22,
23, 24
|
|
7
|
Mental
Activities
|
25,
26, 27
|
|
8
|
Emosional
Activities
|
28,
29, 30
|
DAFTAR
INDIKATOR DAN PEMBERIAN SKOR LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN
MODEL PEMBELAJARAN STAD
A.
Visual Activities
1. Keseriusan dalam mengikuti pelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
perduli
|
1
|
Acuh
tak acuh
|
2
|
Diam
saja
|
3
|
Serius
tapi tidak focus
|
4
|
Serius
dan focus
|
5
|
2. Memperhatikan demonstrasi saat mengikuti pelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
memperhatikan
|
1
|
Memperhatikan
sambil main-main
|
2
|
Memperhatikan
tapi tidak fokus
|
3
|
Memperhatikan
dengan baik
|
4
|
Memperhatikan
dengan sangat serius
|
5
|
3. Membaca hasil percobaan dari pekerjaan kelompok
lain
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
membaca
|
1
|
Hanya
melihat lihat saja
|
2
|
Membaca
garis besarnya saja
|
3
|
Membaca
tapi tidak dipahami
|
4
|
Membaca
dan memahami
|
5
|
4. Mengoreksi hasil percobaan kelompok lain
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
Mengoreksi
|
1
|
Hanya
melihat hasil percobaan saja
|
2
|
Membaca
hasil percobaan tapi tidak dikoreksi
|
3
|
Mengoreksi
hasil percobaan tapi tidak semua
|
4
|
Mengoreksi
dengan baik
|
5
|
5. Mendengarkan penjelasan dari guru
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mendengarkan
|
1
|
Diam
acuh tak acuh
|
2
|
Mendengarkan
tapi sambil cerita dengan teman
|
3
|
Mendengarkan
tapi tidak fokus
|
4
|
Mendengarkan
dengan baik
|
5
|
B.
Oral Activities
6. Keaktifan dalam mengajukan pertanyaan
Aktivitas
|
Skor
|
1
x
|
1
|
2
x
|
2
|
3
x
|
3
|
4
x
|
4
|
5
x
|
5
|
7. Kemampuan memberi saran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
pernah memberi saran
|
1
|
Memberi
saran tapi tidak masuk akal
|
2
|
Memberi
saran yang jauh dari materi pelajaran
|
3
|
Memberi
saran yang berkaitan dengan materi pelajaran
|
4
|
Memberi
saran yang berkaitan dengan materi, jelas dan dapat di terima
|
5
|
8. Keaktifan dalam menyanggah pernyataan kelompok
lain
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
pernah menyanggah
|
1
|
Menyanggah
tapi tidak masuk akal
|
2
|
Menyanggah
tapi tidak beralasan
|
3
|
Menyanggah
tapi tidak jelas
|
4
|
Menyanggah
jelas dan beralasan
|
5
|
9. Mengemukakan pendapat dalam diskusi kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
pernah
|
1
|
Mengemukakan
tapi tidak masuk akal
|
2
|
Mengemukakan
tapi tidak jelas
|
3
|
Mengemukakan
tapi kurang bisa diterima
|
4
|
Mengemukakan
jelas dan dapat diterima
|
5
|
10. Keaktifan dalam diskusi kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mau berdiskusi
|
1
|
Acuh
tak acuh terhadap diskusi kelompok
|
2
|
Ikut
dalam kelompok diskusi tapi diam saja
|
3
|
Berdiskusi
tapi tidak pernah memberi saran
|
4
|
Berdiskusi
dengan aktif
|
5
|
C.
Listening Activities
11. Mendengarkan penjelasan dalam diskusi kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mendengarkan
|
1
|
Diam
dan acuh tak acuh
|
2
|
Mendengarkan
tapi sambil cerita dengan teman
|
3
|
Mendengarkan
tapi tidak fokus
|
4
|
Mendengarkan
dengan baik
|
5
|
12. Mendengarkan penjelasan dari kelompok lain
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mendengarkan
|
1
|
Diam
dan acuh tak acuh
|
2
|
Mendengarkan
tapi sambil cerita dengan teman
|
3
|
Mendengarkan
tapi tidak fokus
|
4
|
Mendengarkan
dengan baik
|
5
|
D.
Writing Activities
13. Kemauan menyelesaikan tugas dalam kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
menyelesaikan sama sekali
|
1
|
Menyelesaikan
tugas tapi tidak lengkap
|
2
|
Menyelesaikan
tugas lengkap tapi tidak semua benar
|
3
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar tapi tidak tepat waktu
|
4
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar dan tepat waktu
|
5
|
14. Kemauan menyelesaikan tugas pribadi
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
menyelesaikan sama sekali
|
1
|
Menyelesaikan
tugas tapi tidak lengkap
|
2
|
Menyelesaikan
tugas lengkap tapi tidak semua benar
|
3
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar tapi tidak tepat waktu
|
4
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar dan tepat waktu
|
5
|
15. Keterampilan mengerjakan PR
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
menyelesaikan sama sekali
|
1
|
Menyelesaikan
tugas tapi tidak lengkap
|
2
|
Menyelesaikan
tugas lengkap tapi tidak semua benar
|
3
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar tapi tidak tepat waktu
|
4
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar dan tepat waktu
|
5
|
16. Membuat catatan penting
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
membuat sama sekali
|
1
|
Membuat
tapi tidak lengkap
|
2
|
Membuat
catatan lengkap
|
3
|
Membuat
catatan lengkap kurang rapi
|
4
|
Membuat
catatan lengkap dan rapi
|
5
|
17. Menulis penjelasan guru
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
menyelesaikan sama sekali
|
1
|
Menyelesaikan
tugas tapi tidak lengkap
|
2
|
Menyelesaikan
tugas lengkap tapi tidak semua benar
|
3
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar tapi tidak tepat waktu
|
4
|
Menyelesaikan
tugas lengkap benar dan tepat waktu
|
5
|
18. Menulis hasil diskusi
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
membuat sama sekali
|
1
|
Membuat
tapi tidak lengkap
|
2
|
Membuat
dengan lengkap
|
3
|
Membuat
lengkap kurang rapi
|
4
|
Membuat
lengkap dan rapi
|
5
|
E.
Drawing Activities
19. Mampu membuat gambar di buku catatan
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
membuat sama sekali
|
1
|
Membuat
tapi tidak sesuai
|
2
|
Membuat
tapi tidak jelas
|
3
|
Membuat
sesuai tapi kurang jelas
|
4
|
Membuat
sesuai dan jelas
|
5
|
20. Mampu membuat gambar untuk menyelesaikan soal
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
membuat sama sekali
|
1
|
Membuat
tapi tidak sesuai
|
2
|
Membuat
tapi tidak jelas
|
3
|
Membuat
sesuai tapi kurang jelas
|
4
|
Membuat
sesuai dan jelas
|
5
|
21. Mampu menuliskan kalimat matematika sesuai permasalahan
soal
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
menuliskan sama sekali
|
1
|
Menuliskan
tapi tidak sesuai
|
2
|
Menuliskan
tapi tidak lengkap
|
3
|
Menuliskan
lengkap tapi kurang sesuai
|
4
|
Menuliskan
lengkap dan sesuai
|
5
|
F.
Motor Activities
22. Membuat kesimpulan diskusi kelompok lain
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
membuat
|
1
|
Membuat
tapi tidak lengkap
|
2
|
Membuat
lengkap
|
3
|
Membuat
lengkap tidak rapi
|
4
|
Membuat
lengkap dan rapi
|
5
|
23. Mampu menyelesaikan soal latihan
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mampu
|
1
|
Kurang
mampu
|
2
|
Cukup
mampu
|
3
|
Mampu
|
4
|
Sangat
mampu
|
5
|
24. Mampu mengerjakan PR
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mampu
|
1
|
Kurang
mampu
|
2
|
Cukup
mampu
|
3
|
Mampu
|
4
|
Sangat
mampu
|
5
|
G.
Mental Activities
25. Kemampuan beraktifitas dalam kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Pasif
saja
|
1
|
Aktif
tapi kurang berpartisipasi
|
2
|
Aktif
|
3
|
Aktif
berpartisipasi
|
4
|
Sangat
aktif dan kritis
|
5
|
26. Kemampuan bekerjasama dalam memecahkan masalah
kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Pasif
saja
|
1
|
Aktif
tapi kurang berpartisipasi
|
2
|
Aktif
|
3
|
Aktif
berpartisipasi
|
4
|
Sangat
aktif dan kritis
|
5
|
27. Sikap yang ditunjukkan dalam kerja kelompok
Aktivitas
|
Skor
|
Buruk
|
1
|
Acuh
tak acuh
|
2
|
Diam
saja
|
3
|
Baik
|
4
|
Baik
dan aktif bekerjasama
|
5
|
H.
Emosional Activities
28. Bersemangat dalam kegiatan pembelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
bersemangat
|
1
|
Bersemangat
tapi malas
|
2
|
Bersemangat
|
3
|
Bersemangat
dan rajin
|
4
|
Bersemangat
dan aktif
|
5
|
29. Minat dalam kegiatan pembelajaran
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
berminat
|
1
|
Berminat
tapi malas
|
2
|
Berminat
|
3
|
Berminat
dan rajin
|
4
|
Berminat
dan aktif
|
5
|
30. Kemampuan menguasai diri
Aktivitas
|
Skor
|
Tidak
mampu menguasai diri
|
1
|
Emosional
|
2
|
Tidak
menguasai diri dan emosional
|
3
|
Temperamental
|
4
|
Mampu
menguasai diri
|
5
|
No comments:
Post a Comment